Senin, 31 Juli 2017

Pentingnya HIDAYAH

🌼 Sahabat PKD, doa yang pertama yang termaktub dalam Al Qur'an bukanlah doa meminta surga, bukan juga doa meminta perlindungan dari api neraka. 
 📝 Doa yang pertama yang Allah ajarkan kepada kita dalam Al-Quran adalah doa meminta hidayah (lihat surat Al-Fatihah ayat 6). Karena masuk surga dan terlindungi dari api neraka harus didahului dengan hidayah. Tidak hanya didahului dengan hidayah, masuk surga juga harus mati dengan menggenggam hidayah 

🌼 Sahabat PKD, banyak lembaran-lembaran catatan sejarah menjelaskan kepada kita bahwa banyak orang yang diawal hidupnya bertabur iman, tetapi mereka matinya murtad. 
👤 Rajjal bin unfuwah,seorang sahabat Nabi. Sempat dipuji oleh Abu Bakar radhiallahu 'anhu dan dipilih untuk dijadikan sebagai delegasi untuk mendakwahkan islam kepada Nabi palsu Musailamah Al-Kadzab. Namun akhirnya meninggal dalam keadaan murtad. 
👤 Ubaidilah bin Jahsyi, yang pernah menyelamatkan agamanya sampai ke Habasyah ketika Nabi masih di Makkah. Ikut dalam hijrah pertama dan kedua ke habasyah, namun meninggal dalam keadaan murtad. 

🌼 Sahabat,inilah yang kita harus khawatirkan. Setiap amalan tergantung pada akhirnya. Seringnya kita tertipu dengan banyaknya amal ibadah yang kita kerjakan sehingga sombong merasa bahwa akan masuk surga. Padahal tidak ada yang menjamin bahwa kita akan mati dalam keadaan beriman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: فَإِنَّ الرَّجُلَ مِنْكُمْ لَيَعْمَلُ حَتَّى مَا يَكُونُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجَنَّةِ إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ كِتَابُهُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ وَيَعْمَلُ حَتَّى مَا يَكُونُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ النَّارِ إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ 🍃"Sesungguhnya ada salah seorang dari kalian beramal dengan amalan ahli surga sehingga jarak antara dirinya dengan surga hanya hanya tinggal satu hasta, tapi (catatan) takdir mendahuluinya lalu dia beramal dengan amalan ahli neraka, lantas ia memasukinya. Dan sesungguhnya ada salah seorang dari kalian beramal dengan amalan ahli neraka sehingga jarak antara dirinya dengan neraka hanya tinggal satu hasta, tapi (catatan) takdir mendahuluinya, lalu ia beramal dengan amalan ahli surga, lantas ia memasukinya."🍃 📚(HR. Bukhari no 3208) 

🌸 Ada juga yang sebaliknya, seorang yang hidupnya ditaburi dengan amalan penduduk neraka tapi akhirnya masuk surga. Contoh nyatanya adalah Usairim bin Abdil Asyhal. Seorang sahabat Nabi yang masuk surga tapi keningnya tidak pernah dipakai untuk sujud kepada Rabbnya. Saat masuk islam sedang terjadi peperangan. Belum sempat sholat dia ditakdirkan mati syahid 

🌼 Sahabat, Hidayah hanya milik Allah dan tidak ada yang menjamin kita mati dalam menggenggam hidayah.Inilah alasan kita harus terus meminta hidayah. Bahkan kita diwajibkan meminta hidayah 17 kali dalam sehari semalam. اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ 🍃"Tunjukilah kami jalan yang lurus"🍃 📚(QS.Al-Fatihah : 6 ) يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ 🍃"Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”🍃 📚(HR. At-Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar